Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Penyakit Jantung Pada Anak


Penyakit jantung merupakan momok menakutkan bagi para orang dewasa, tidak terbayangkan betapa horornya jika terjadi pada anak kecil.

Ada beberapa jenis penyakit jantung yang bisa terjadi pada anak – anak. Sebut saja kelainan jantung sejak lahir, infeksi, dan berbagai macam penyakit lainnya yang bisa berpengaruh terhadap kondisi jantung anak tersebut.

Kabar baiknya, seiring dengan berkembangnya ilmu medis dan teknologi, banyak anak – anak yang memiliki penyakit jantung dapat melanjutkan hidupnya dengan normal.

Jadi apa saja jenis – jenis penyakit jantung pada anak – anak? Berikut pembahasan singkatnya:


Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah jenis penyakit jantung pada anak yang dimana anak tersebut memilikinya sejak lahir.

Penyakit ini biasanya diakibatkan oleh kelainan jantung yang sudah ada sejak anak tersebut dilahirkan. Diperkirakan sekitar 1 persen dari bayi yang lahir tiap tahunnya mengalami penyakit jantung bawaan.

Beberapa jenis penyakit jantung bawaan yang terjadi pada anak – anak antara lain:

Kelainan arteri dimana aliran darah dalam jantung menjadi terhalang
Hypoplastic left heart syndrome, dimana jantung bagian kiri anak tersebut tidak tumbuh sebagaimana mestinya

Kelainan seperti adanya bolong pada jantung terutama pada dinding bilik jantung dan pembuluh darah yang alirannya meninggalkan jantung.

Penyakit jantung bawaan juga memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan anak. Jika hal tersebut terjadi maka pengobatan seperti operasi harus dilakukan untuk menyelamatkan jiwa anak tersebut.

Pasca operasi pun, beberapa anak tetap harus mengikuti perawatan lanjutan dan meminum obat – obatan yang diberikan oleh dokter.

Atherosclerosis

Atherosclerosis adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan penumpukan lemak dan kolesterol yang terjadi didalam arteri. Hal ini menyebabkan arteri menjadi kaku dan sempit, yang menyebabkan resiko penyumbatan pembuluh darah dan serangan jantung meningkat drastis.

Biasanya atherosclerosis terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Sangat jarang bagi anak – anak atau remaja untuk mengidap penyakit jantung yang satu ini.

Bagaimanapun, penyakit seperti obesitas, diabetes atau hipertensi membuat anak – anak lebih rawan terkena atherosclerois.

Dokter menyarankan agar orang tua memeriksa kadar kolesterol dan tekanan darah anak mereka jika terdapat riwayat diabetes, obesitas atau penyakit jantung dalam keluarga.

Arrhythmia

Arrhythmia atau detak jantung tidak beraturan bisa menyebabkan jantung memompa darah lebih sedikit dibandingkan biasanya. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan sel – sel otot jantung jika terjadi dalam jangka panjang.

Beberapa jenis arrhythmia yang terjadi pada anak – anak termasuk:
  • Detak jantung yang sangat cepat alias tachycardia,
  • Detak jantung yang sangat lambat alias bradycardia,
  • Long Q-T Syndrome,
  • Wolff-Parkinson-White Syndrome (WPW Syndrome),
Gejala – gejala dari arrhythmia pada anak – anak antara lain:
  • Badan terasa lemas
  • Cepat capek
  • Pusing
  • Mendadak jatuh pingsan
  • Susah makan

Kawasaki Disease

Kawasaki disease adalah penyakit langka yang lebih sering muncul pada anak kecil dan bisa menyebabkan inflamasi pada pembuluh darah ditangan, kaki, mulut, bibir dan didaerah tenggorokan.

Kawasaki disease juga bisa mengakibatkan anak mengalami demam atau pembengkakan dikelenjar getah bening.

Para peneliti sendiri masih belum yakin tentang apa yang menyebabkan kawasaki disease terjadi.

Menurut American Heart Association, kawasaki disease menjadi faktor utama munculnya komplikasi jantung pada satu dari 4 anak dibawah usia 5 tahun.

Jantung Mendengung

Jantung mendengung adalah kondisi dimana terdengar suara mendengung yang berasal dari darah yang bersirkulasi didalam bilik jantung. Hal ini bisa menandakan adanya masalah pada kardiovaskuler anak tersebut, namun kadang hal ini tidak menimbulkan masalah serius pada jantung anak itu sendiri.

Jantung mendengung bisa disebabkan oleh penyakit jantung bawaan, demam tinggi, atau anemia. Jika pihak dokter mendengar adanya dengungan dijantung seorang anak, mereka akan melakukan tes lebih lanjut untuk memastikan bahwa kondisi jantung anak tersebut dalam keadaan sehat.

Jantung mendengung sendiri biasanya akan hilang dengan sendirinya, namun jika jantung mendengung disebabkan oleh adanya penyakit jantung pada anak yang mengalaminya maka perawatan intensif perlu dilakukan.

Pericarditis

Pericarditis adalah kondisi dimana membran tipis yang mengelilingi jantung (pericardium) meradang atau mengalami infeksi.

Jumlah cairan yang berada diantara lapisan pericardium menjadi berlimpah, menyebabkan jantung kesulitan memompa darah seperti biasanya.

Pericarditis bisa terjadi pasca operasi untuk perawatan penyakit jantung bawaan, atau bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri, trauma dibagian dada, atau penyakit seperti lupus.

Penyakit Jantung Rematik

Bakteri streptococcus yang biasanya menyebabkan radang tenggorokan bisa juga menyebabkan penyakit jantung rematik.

Penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan permanen pada katup dan otot yang ada dijantung.

Demam rematik sendiri biasanya terjadi pada anak diusia 5 hingga 15 tahun, namun gejala penyakit jantung rematik tidak akan muncul dari 10 hingga 20 tahun setelah demam terjadi.

Penyakit ini bisa dicegah dengan segera meminum antibiotik untuk mengobati radang tenggorokan.

Infeksi Virus

Virus, selain menyebabkan gangguan pernafasan atau flu, bisa juga menyebabkan penyakit jantung pada anak. Infeksi virus bisa menyebabkan myocarditis, yang sangat mempengaruhi kemampuan jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh.

Infeksi virus ke jantung sendiri tergolong langka dan menunjukkan beberapa gejala jika benar – benar terjadi. Gejala – gejala penyakit jantung pada anak yang diakibatkan infeksi virus sendiri mirip dengan gejala flu seperti: nafas yang cepat habis dan dada yang terasa sesak.

Itulah tadi beberapa jenis penyakit jantung pada anak yang sering tercatat didunia medis dan sekiranya bermanfaat untuk diketahui oleh para orang tua.

Informasi dan tips yang ada di website Diary Sehat bertujuan sebagai sarana informasi dan edukasi semata. Diharapkan untuk menghubungi dokter sebelum anda melakukan perawatan terhadap penyakit anda dan anak anda.

Post a Comment for "Jenis-Jenis Penyakit Jantung Pada Anak"