Letak Astronomis, Geografis, Geologis Indonesia ( Pengertian, Letak, dan Dampak )


Pada Kesempatan Kita Bahas Apa Itu Letak Astronomis, Geografis dan Geologis ? secara lengkap dengan letak astronomis, geografis dan geologis di Indonesia. Untuk Pertama Sesuai Urutan kita bahas mulai dari Istilah pertama.

Letak Astronomis, Geografis, Geologis Indonesia ( Pengertian, Letak, dan Dampak )

Pengertian Letak Astronomis ?

Letak Astronomis Merupakan Letak Dari Tempat Ataupun Wilayah dilihat Berdasarkan Garis Lintang dan Garis Bujur. 

Apa Itu Garis Lintang dan Garis Bujur ?

Garis Lintang (Latitude) Adalah Garis Hayal / Imajiner yang Melingkari Bumi dan Membentang Secara Horizontal untuk menentukan bumi terhadap garis khatulistiwa. Namun Berbanding Terbalik Dengan Istilah Garis Bujur (Longtitude) Ini Merupakan Garis Lurus Yang Melingkari Bumi Berdasarkan Posisi Vertikal atau juga bisa dikatakan garis yang menghubungkan bumi dari kutub utara dan juga selatan. Jika Kita Simpulkan Dari Keduanya Yaitu Terletak Pada Perbedaan Garis Saja. 

Ada 2 Bagian Garis Lintang dan Garis Bujur 
1. Bagian-bagian yang masuk dalam katagori Garis Lintang Yaitu Garis Lintang Utara dan Garis Lintang Selatan dibatasi Oleh Garis khatulistiwa. di bumi memiliki 180 Garis lintang utara dan 90 garis lintang selatan. 
2. Bagian-Bagian Yang masuk dalam katagori Garis Bujur Yaitu Garis Garis Bujur Barat dan Garis Bujur Timur yang dibatasi oleh garis Greenwich Mean Time.
Jadi Dari Beberapa Pengertian diatas Bisa Kita Simpulkan Bahwa di Bumi Dibagi Atas Garis Lintang / garis Khayal/Imajiner dan Juga Garis Bujur.  

Garis Lintang menentukan lokasi yang berhubungan dengan garis Khatulistiwa, apakah lokasi tersebut di belahan bumi selatan maupun utara.

Garis Khatulistiwa adalah yang melintasi bumi dan juga membagi bumi menjadi dua bagian. Garis Khatulistiwa merupakan garis 0 yang berada di posisi Lintang Utara dan juga Lintang Selatan, sementara Kutub Utara adalah titik 90 derajat Lintang Utara dan Kutub Selatan adalah 90 derajat Lintang Selatan.

Dari Garis Khatulistiwa, Jadi semakin ke utara atau selatan dan mendekati Kutub Utara atau Kutub Selatan, maka panjang Garis Lintang semakin mengecil.

Garis bujur menentukan apakah Lokasi tersebut berada di bagian belahan bumi barat ataupun ada di timur. Titik acuan garis bujur, atau 0 derajat, ditarik dari Greenwich di London, lokasi obervasi para ilmuwan Inggris pada masa lalu. 

Pada bagian bumi letaknya yang berada di bagian barat Greenwich terdapat Garis Bujur Barat, selain itu pada bagian bumi letaknya berada di bagian timur Greenwich, terdapat Garis Bujur Timur. Garis-garis bujur ini bertemu lagi di Samudera Pasifik pada 180 derajat Bujur Timur dan 180 derajat bujur barat.

Letak Astronomis Indonesia

Dapat Kita Tarik Kesimpullan Bahwa Letak Indonesia Terletak Pada 6 Derajat Lintang Utara ,11 derajat Lintang Selatan, 95 derajat lintang timur dan 141 derajat bujur timur.

Jika kita tinjau dari garis lintang maka Indonesia masuk ke dalam wilayah tropis. sehingga jika masuk dalam wilayah tropis akan dibatasi oleh lintang 23,5° LU dan 23,5° LS. Namun jika dilihat dari garis bujur, Indonesia dibagi menjadi 3 daerah waktu yaitu, Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia bagian Timur (WIT). 

Wilayah-wilayah indonesia yang berada di 3 daerah Waktu (WIB, WITA, WIB)

  1. Waktu Indonesia bagian Barat (WIB) Daerah Indonesia yang berada di bagian barat dan memiliki selisih waktu +7 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayah yang termasuk didalamnya diantaranya Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
  2. Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) Daerah Indonesia Yang Berada di Wilayah Indonesia bagian tengah memiliki selisih waktu +8 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayah yang masuk di dalamnya diantaranya Bali, Nusa Tengara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.
  3. Waktu Indonesia bagian Timur (WIT) Daerah Indonesia Yang Berada di bagian timur memiliki selisih waktu +9 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayah yang masuk di dalamnya  diantaranya Kepulauan Maluku, Papua, Papua Barat, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.


Dampak Letak Astronomis di Indonesia

Karena indonesia merupakan negara yang berada di wilayah iklim tropis maka Ada beberapa ciri-ciri yang akan muncul dan juga terjadi di daerah yang seperti ini.
  1. Curah Hujan Biasanya Akan Cenderung Tinggi
  2. Terdapat Hutan Hujan Tropis Yang Luas
  3. Sinar Mata Hari Sepanjang Tahun
  4. Kelembaban Udara Tinggi  


Pengertian Letak Geografis

Letak Geografis Merupakan Letak Dari Suatu Daerah dilihat dari Kondisi Wilayah yang sebenarnya di Permukaan Bumi dan juga di dasarkan pada keadaan Alam yang berada di sekitarnya sehingga menentukan letak posisi dari daerah satu ke daerah yang lainnya . Letak Geografis Juga di tentukan oleh letak astronomis, geologis fisiologis dan Letak Geomorfologis. 

Letak Geografis di negara indonesia

Indonesia Merupakan Negara yang berada di wilayah strategis sehingga sangat beruntung bagi kita semua yang tinggal di negara indonesia . jika kita lihat letak geografisnya indonesia berada di antara benua Australia dan Juga Asia, dan berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Namun Jika Dilihat Secara Asstronomis Negara Indonesia Terletak di antara 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan) dan 95o BT (Bujur Timur) - 141o BT (Bujur Timur).

Dampak Letak Geografis di Indonesia

Ada Beberapa Dampak adanya letak geografis di negara indonesia diantaranya :
  1. Indonesia Mempunyai 3 kondidi cuaca yang berbeda-beda diantaranya Iklim Muson, Iklim Panas dan Juga Iklim Laut.
  2. Indonesia Terletak diantara Persilangan Lalu lintas Dunia sehingga Sangat Menguntungkan Perekonomian.
  3. Iklim Musim (Muson) angin musim di indonesia akan berubah-ubah setiap periode waktu tertentu dan biasanya satu periode perubahan adalah enam bulan dan Selanjutnya Akan Bergantian Arahnya Pada Saat Enam Buan setelahnya. Angin Musim Akan Bertiup dari Sebelah Timur Laut dan Sifat Dari Angin Ini Adalah Kering Sehinngga Berdampak Adanya Musim Kemarau Yang Biasanya Terjadi Pada Bulan April Hingga Oktober. Pada Periode setelahnya Angin Akan bertiup dari barat daya dan sifatnya adalah basah sehingga akan terjadi musim hujan dan terjadi biasanya pada bulan oktober hingga april.
  4. Iklim Laut akan terjadi karena disebabkan kondisi negara indonesia banyak dikelilingi oleh laudan dan juga samudra. dan akibat dari adanya iklim laut akan lebih banyak curah hujan yang terjadi.
  5. Iklim Panas / Tropis Akan Terjadi Karena Indonesia Terletak di sekitar garis khatulistiwa.
  6. Adanya Keberagaman Budaya Seperti Halnya Bidang Seni, Peradaban, Bahasa dan Juga Agama Karena Letaknya Berada di Persilangan Lalu Lintas Dunia.
  7. Indonisia Memiliki Relasi Dagang dari Negara-negara yang berada di sekitar karena lokasi yang sangat strategis.


Pengertian Letak Geologis

Letak geologis merupakan letak dari sutau daerah berdasarkan struktur dan komposisi batuan atau bentuk dari muka bumi yang berada di bagian daerah tersebut. Letak Geologis Indonesia Terletak diantara dua deretan pegunungan muda diantaranya : Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania dan diapit oleh tiga lempeng yaitu lempeng Euresia, Lempeng Asia-Australia, Lempeng Pasifik, Terletak diantara dua dangkalan yaitu dangkalan sahul, dan dangkalan sunda.

Letak Geologis Indonesia

Letak Geologi yang berada di indonesia Cukup bagus Karena Keberadaan Negara Indonesia berada diantara lempeng bumi dan dangkalan laut sehingga kondisi geografis indonesia berbeda-beda setiap wilayahnya. kondisi geologis di  daerah indonesia mempunyai dampak yang positif maupun negatif karena banyaknya gunung api yang terdapat di indonesia sehingga hal positif yang bisa di dapatkan seperti tingkat kesuburan tanah yang bagus, namun dampak negatif yang bisa di dapatkan sepeti bencana alam yang disebabkan oleh gempa bumi, letusan gunung, sampai tsunami.

Dampak Adanya Letak Geologis di Indonesia

1. Adanya Dataran Tinggi dan Pegunungan
Dengan Adanya Dataran tinggi dan juga pegunungan menjadikan negara indonesia kaya akan pegunungan dan juga dataran tinggi sehingga menyebabkan banyaknya lokasi dan juga wilayah yang memiliki pembagian cuaca dan juga suhu udara yang cenderung sejuk. meskipun indonesia berada pada iklim yang tropis indonesia terdapat banyak lokasi ekowisata yang menarik dan pemandangan yang indah.

2. Tanah Yang Subur
Di Indonesia Terdapat Banyak Sekali Gunung Berapi meskipun sering kali banyak di kaitkan dengan bencana alam, namun mempunyai dapak baik bagi kesuburan tanah yang berada di dekatnya karena memiliki unsur hara yang sangat tinggi. dengan adanya kesuburan tanah yang bagus tentunya akan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, karena masyarakat indonesia cenderung masih banyak yang mengandalkan bercocok tanam  dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

3. Keanekaragaman Flora dan Fauna
dengan banyaknya flora fauna yang terdapat di indonesia akan menjadikan indonesia banyak di temui binatang dan juga tanaman yang bermacam macam sehingga menjadi daya tarik tersendiri oleh para pengunjung negara indonesia.

4. Keberagaman Hasil Sumber Daya Mineral
Dengan Adanya Banyak Keberagaman Ini Menjadikan Negara Indonesia Masuk Ke Bagian Lempeng yang mendukung banyaknya sumber daya mineral seperti batu-batuan, minyak dan juga gas bumi. sehingga sumber daya alamnya sangat melimpah.

5. Keanekaragaman Laut Yang Melimpah
karena indonesia berada di lokasi geologis yang lautnya terdiri dari beberapa dangkalan, dan juga terdapat banyak keanekaragaman laut,  mulai dari hasil dan sumberdaya laut, seperti ikan dan makanan laut, hingga wisata di bawah laut, seperti diving dan juga snorkeling.

Itulah Beberapa Pengertian Dari Apa Letak Astromis, Letak Geografis dan Geologis dan Juga Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Yang Ada di Indonesia Lengkap Dengan Dampak Yang Terjadi Dari Adanya 3 Letak Berbeda Tersebut . Semoga Artikel Ini Bermanfaat dan Jika Ada Tambahan Beserta Masukan Bisa Masukkan Di Kolom Komentar . Semoga Membantu. ( bosarik.com )

0 Response to "Letak Astronomis, Geografis, Geologis Indonesia ( Pengertian, Letak, dan Dampak )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel