Perbedaan Save dan Save As Saat Menyimpan File

Perbedaan Save dan Save As Saat Menyimpan File

Ada Banyak Pengguna Program Aplikasi Yang Kurang Faham Apa Sih Sebetulnya Fungsi Save dan Save As , Ini Merupakan Salah Satu Istilah Yang Mungkin Diaggap Sama Bagi Beberapa Orang Namun Sebetulnya Ada Perbedaan Dari Keduanya . Yuk Kita Simak Apa Sebetulnya Perbedaannya.

Perbedaan Save dan Save As 


Dari Istilah Save dan Save Sebetulnya terletak dari beberapa fungsi mendasar diantaranya : dari Kegunaan / fungsi , Tombol Pintasan untuk menjalankannya, Ketentuan Tempat dalam Menyimpan File, Ketentuan Jenis File Yang Disimpan.

1. Kegunaan / fungsi.


Save = Ketika kita melakukan penyimpanan dokumen " DOKUMEN ITU SUDAH PERNAH DIBUAT SEBELUMNYA / PERNAH DISIMPAN DIKOMPUTER " . Berarti kalian sudah punya data itu sebelumnya namun masih kalian edit kembali untuk dirubah beberapa isinya. Sedangkan 
Save As = Ketika kita melakukan penyimpanan dokumen " DOKUMEN TERSEBUT BELUM ADA ATAU BELUM PERNAH DIBUAT SEBELUMYA " . Berarti filenya belum pernah kalian simpan sebelumnya / masih baru.

Contoh Save = Saya Sudah Pernah Mempunyai Data dengan nama "Dokumen Makalah" namun pada saat tertentu saya lupa untuk menambahkan daftar isi pada " Dokumen Makalah tersebut" Sehingga saya Melakukan Editing Dokumen Pada File Itu . Berarti yang harus saya lakukan untuk melakukan update pada file tersebut dengan nama yang sama berarti perintah yang saya lakukan adalah PERINTAH SAVE .

Contoh Save As = Saya Menulis Dokumen Baru Pada Microsroft Word yang belum pernah saya tulis sebelumnya Kemudian Setelah Saya Lelah Bahkan Sudah Selesai Menulisnya Saya Ingin Menyimpannya sehingga Dapat Membuka Kembali Dalam Bentuk File, Berarti Perintah Yang Kita Gunakan Adalah Save As .  

2. Tombol Pintas Untuk Menggunakannya


Ada Beberapa tombol alternatif yang bisa kita pakai untuk melakukan pekerjaan tertentu di komputer diantaranya adalah untuk memanggil/menjalankan fungsi save dan save as, Tombol Keyboart/tombol fungsi yang digunakan untuk SAVE adalah ( Ctrl + S ) Sedangkan yang digunakan untuk Save As Adalah ( Ctrl + Alt + S ).

3. Ketentuan Tempat dalam Menyimpan File.

Perbedaan ketiga dari save dan save as adalah pada bagian tempat dimana file di simpan . SAVE = menyimpan dokumen tepatnya pada tempat file yang sudah pernah kalian buat, karena kita hanya melakukan perubahan sedikit dan menyimpan kembali . Save As = Menyimpan dokumen di tempat yang bisa kalian pilih dan dengan nama yang berbeda-beda.

4. Ketentuan Jenis File Yang Disimpan

Pada Saat Kita Menyimpan Dokumen yang kita buat biasanya akan mengandung extensi tertentu pada saat data yang disimpan menjadi file . contoh ketika ketika menyimpan file dari aplikasi Notepad maka Extensi yang akan muncul atau jenis filex adalah namafile.txt. Apa Hubungannya Contoh Tersebut Bos ? Ok Kita Bahas . Save biasaya Jenis File Yang Disimpan Di Awal Tidak Akan Berubah Jenis extensi dan namanya, karena kita sudah pernah menyimpan sebelumnya akan tetapi jika Save as Filenya Bisa Kita Modifikasi Jenis File, Nama, Tempat dll. sehingga extensi file bisa berubah ubah .

Kesimpulan 


Dari Dua Istilah Tersebut Bisa Kita Mengambil Kesimpulan bahwa semuanya merupakan cara bagaimana menyimpan dokumen namun mempunyai perbedaan dasar pada fungsi, tombol alternatif, tempat menyimpan dan juga jenis extensi yang berbeda pula . semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kalian dalam mengenali istilah-istilah komputer. 
Masukkan Komentar Kalian Jika Ada Pertanyaan Terkait Postingan

0 Response to "Perbedaan Save dan Save As Saat Menyimpan File"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel